Site Overlay
Chye Seng Huat Hardware Coffee Singapore

Specialty Coffee Shop in Singapore

Specialty Coffee Shop di Singapura itu setiap tempat punya karakter suasana yang khas dan cita rasa yang unik. Kultur ngopi-ngopi di Singapura itu mirip-mirip dengan di Indonesia dimana selera kopi mereka cukup luas, mulai dari kopi tiam, cafe-cafe franchise internasional dan specialty coffee.

Trend specialty coffee di Singapura mulai di waktu yang hampir bersamaan dengan di Jakarta, ditandai dengan munculnya beberapa roaster independen yang mengenal biji kopinya dari hulu sampai ke hilir. Sekarang telah berjalan beberapa tahun, rata-rata yang bertahan memang yang telah teruji secara kualitas dan kenikmatan.

Berikut ini adalah beberapa specialty coffee shop terbaik di Singapura yang berhasil diburu. Memang belum lengkap karena berbagai keterbatasan, seperti jarak dan waktu. Tapi izinkan saya tetap menulis yak.
Informasi biasa saya dapatkan dari mulut ke mulut, blog dan rekomendasi google map.

Yuk kita mulai. 

(di bagian bawah artikel ini kamu bisa mendownload preset Camera Raw gratis dan melihat map)

The Glasshouse
Berlokasi di dalam kompleks CHIJMES

30 Victoria St, #01-03 CHIJMES, Singapore 187996
Chijmes adalah bekas biara yang kemudian beralih fungsi menjadi compound yang terdiri dari berbagai cafe, rumah makan, pub sampai lifestyle center. Salah satu tenant favorit saya di sini adalah The Glasshouse. Sebuah coffee shop dengan interior yang kaya dengan cahaya natural, tanaman indoor, furniture minimalis dengan tone warna natural yang lembut.

Biji kopi yang digunakan cukup beragam, kadang bisa ketemu sama biji kopi dari Myanmar. Jadi seru juga kalau ngopi di sini sambil nyicipin artisan sourdough bread mereka.  Saat ini The Glasshouse adalah specialty coffee shop favorit saya.
https://www.instagram.com/theglasshousesg/


The Coffee Academics
Lokasi asli ada di Scotts Square, sementara yang di foto adalah cabang Raffless City.

The Coffee Academics bermula dari Causeway Bay Hong Kong dan saat ini memiliki flagship store di Singapura dan Thailand. Mereka sering masuk daftar coffee shop terbaik Asia maupun dunia di berbagai artikel. Sementara blend biji kopinya sempat meraih peringkat 3 dunia dan nomer 1 di Asia.

Biji kopinya sendiri didapat dari perkebunan-perkebunan kecil mancanegara. Tentu akan banyak cerita bisa didapat kalau kamu bisa ngobrol dengan barista atau roaster di The Coffee Academics.

https://www.instagram.com/thecoffeeacademicssg/

Huggs Epigram

Berlokasi di URA Center
45 Maxwell Road #01-01, Singapore

Coffee Shop ini menarik karena ada toko buku yang menjual karya-karya penulis Singapura. Kopinya okelah, tapi yang bikin spesial adalah menjelajahi buku-buku karya penulis lokal yang menarik-menarik.

Saya sendiri tertarik dengan karya-karya penulis lokal Singapura karena cukup sering mengunjungi negara ini dan jadi senang membaca tulisan bertema kehidupan di Singapura. Enak juga ngopi sambil menyelami pemikiran kaum kreatif kota ini.

https://www.instagram.com/huggsepigram/

Nylon Coffee Roasters

Everton Park.
4 Everton Park #01-40

Nylon Coffee ROasters ini dikelola oleh sepasang suami istri Dennis Tang dan Jia Min Lee yang sering terlihat sibuk melayani para pelanggan. Lokasinya tersembunyi di balik gedung rumah susun Everton Park. Kalau saja saya ga tercium bau kopi sedang disangrai, saya akan berfikir sedang salah gedung waktu pertama kali berkunjung ke Nylon Coffee Roasters ini. Salah satu specialty coffee shop yang membuka wawasan baru, karena disinilah kali pertama saya mendapatkan taste note pepper.

Biji kopi yang dipakai biasanya berasal dari daerah Amerika Selatan atau Afrika, disangrai menggunakan mesin Probat lima kg dan menghasilkan biji kopi yang saya rekomendasikan untuk dibeli bawa pulang.

the best specialty coffee shops in singapore
Nylon Coffee Roasters

Chye Seng Huat Hardware
150 Tyrwhitt Road, Singapore 207563

Adalah coffee shop dengan interior bergaya industrial art-deco yang berada di area milik Papa Palheta sebuah nama yang terkenal sebagai roaster coffee. Tempatnya enak buat duduk-duduk dan ngobrol sambil ngopi atau ngebir santai.

Salah satu menu yang dijadikan andalan adalah Nitro Cold Brew yang segar. 

https://www.instagram.com/cshhcoffee/

Kurasu
331 North Bridge Rd, #02-01 Odeon Towers, Singapore 188720

Specialty coffee shop ini berasal dari Kyoto dan membuka cabang di Singapura di sebuah coworking space di gedung Odeon. Menarik juga karena suasana coworking space yang penuh dengan semangat positif para pengusaha startup bikin ngopi di Kurasu berasa pingin bikin business plan.

https://www.instagram.com/kurasusg

Sebenarnya ada beberapa coffee shop lainnya yang ingin saya kunjungi tapi belum kesampaian, mungkin untuk lain waktu.

Special mention

Hvala
Lokasinya di sebelah The Glasshouse, Chijmes

Ini adalah tempat specialty tea. Ada area yang menyediakan untuk lesehan dan ada yang untuk duduk. Cukup menyenangkan menikmati berbagai macam teh di tempat ini.

https://www.instagram.com/hvala_sg

Download preset gratis untuk Camera Raw di sini.

Scroll Up