Site Overlay
Kowloon Hong Kong

Hong Kong

Hong Kong adalah kota favorit saya. Penuh dengan detail dan banyak yang saya suka itu ada di Hong Kong. Mulai dari mainan urban art, urban toys, street art specialty coffee, noodles dan tampilan kota seperti film-film Hong Kong. Banyak area di Hong Kong yang sering disebut di film-film dan berbagai cerita, semisal Mongkok, Kowloon atau Tsim Sha Sui yang sering diperebutkan sebagai daerah kekuasaan bandar narkoba.

Virginia Hotel Hong Kong
Mongkok Hong Kong

Karena keseringan nonton film-film semacam itulah saya jadi rada seram berkeliling saat mulai gelap, tetapi banyak teman orang lokal yang bilang “ngga lah, Hong Kong aman”

Mengingat Hong Kong memiliki banyak sekali gedung dan gang, maka banyak hidden gems sudah siap menanti di setiap persimpangan jalan. Kadangkala terletak di lantai dua atau tiga gedung, yang jalan masuknya saja perlu diselidiki keberadaannya.

Kow Loon Hong Kong
Kow Loon Hong Kong

Maka berkelilinglah saya dan teman-teman lain mencari makanan enak, kopi, dan belanja. Sebelum berangkat, kami sudah mencatat beberapa lokasi sasaran, namun setelah beberapa kali ke Hong Kong saya merasa sebaiknya untuk selalu menyisakan luang untuk temuan-temuan berharga yang belum dicatat oleh blog-blog atau daftar di website turisme.

co thahn Hong Kong
co thahn Hong Kong



Karena terlalu banyak yang ingin dituliskan, untuk sekarang saya kasih list specialty coffee shop yang dikunjungi ya. Ada beberapa tempat ngopi yang belum sempat diambil fotonya, tetap akan dicantumkan. Lain kali semoga bisa cerita lebih banyak dan tinggal lebih lama, karena banyaaaaaaaak banget tempat yang bisa ditemukan.

Winston Coffee

Shop 4, G/F, 213 Queens Road West, Sai Ying Pun, Western District
Sebelahnya gerbang Exit A1, Sai Ying Pun MTR Station 

Ketemunya ga sengaja saat lagi jalan-jalan lalu nyari tempat duduk, kopinya enak dan mereka juga menyediakan bir dari craft beer lokal bermerk Gweilo. Banyak pelanggan regular yang mampir dari pulang kantor kalau kita kebetulan ngopi di Winston Coffee ini saat jam pulang kantor.

18 Grams Specialty Coffee

Time Square City Supper.

18 Grams Specialty Coffee ini memiliki beberapa cabang, salah satunya ada di dalam supermarket City Supper di Times Square Causeway Bay. Lokasinya agak nyumpet yang ini tapi enak buat santai-santai sambil belanja di supermarket.

Lokasi cabang pertamnya sendiri ada di Unit C, G/F, 15 Cannon St, Causeway Bay daerah yang ramai oleh turis. 

Cafe Hay Fever 

Hay Fever Cafe Hong Kong
Cafe Hay Fever

Hong Kong, Mong Kok, Flower Market Rd, Ka Hing Court, G/f

Kebetulan lagi ada di area Mong Kok, kita coba browsing coffee shop terdekat dan muncul rekomendasi Hay Fever yang rupanya ada di pusat tanaman di area Mong Kok. Sebuah coffee shop yang dikombinasikan dengan flower shop.

Menurut saya cafe ini sangat menarik dan kopinya juga enak. Tapi karena waktu itu sudah lelah sekali, jadi ga banyak ngambil foto.

Elephant Grounds

Elephant Grounds memiliki beberapa cabang di Hong Kong. Bisa dicoba untuk dicoba salah satunya di 8 WING FUNG STREET, WAN CHAI. Sayang saya tidak sempat foto-foto juga.

Kalau sempat mencari rekomendasi via blog atau google, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa diburu. Tapi Hong Kong itu tidak akan cukup untuk dibahas dalam satu artikel. Jika senang berburu yang aneh-aneh dan menyusuri gang kecil, area Hong Kong Central adalah area yang akan membuat hatimu bahagia walaupun kakinya gempor.

Tai Ping Koon Restaurant Hong Kong
Hong Kong Central
Atteatude Hong Kong
Atteatude Hong Kong from the outside

Di Hong Kong juga akan ketemu beberapa restaurant yang interiornya bagus buat foto-foto gaya film drama Hong Kong. Seperti Lee Lo Mei di  8 Lyndhurst Terrace deket eskalator Central dan Lan Kwai Fong. Lan Kwai Fong sendiri pernah menjadi judul film yang disutradarai oleh WIlson Chin.

Lee Lo Mei Hong Kong
Lee Lo Mei
Kau Kee Gough Street Hong Kong
Kau Kee

Karena banyak sekali detail, maka Hong Kong cocok banget untuk tempat berburu bagi fotografer jalanan. Begitu banyak warna dan manusia dengan berbagai tampilan itu bikin satu foto jadi banyak banget ceritanya.

Hong Kong Fresh Market
Hong Kong Fresh Market
Tsui Wah Hong Kong
Hong Kong Street
Hong Kong Taxi
The notorious Hong Kong Taxi

Kota ini karena dipadati oleh pejalan kaki dan memiliki kancah seni urban yang cukup hidup, tidak heran kalau tiap sudut jalan dipenuhi graffiti mulai dari yang corat coret saja sampai yang dikerjakan oleh seniman kelas dunia. Termasuk juga padatnya banyak permukaan di kota ini dengan stiker dari berbagai gaya, mulai dari stiker iklan les gitar sampai stiker dari seniman dunia. Beberapa di antaranya akan ditemui juga di kota-kota lain penjuru dunia. Misalnya BNE, Merioone, Invaders dan kalau kamu beruntung akan menemukan The Space Wanderer juga.

Semoga keadaan segera membaik dan diberi rezeki dan kesehatan untuk berburu hidden gems lagi di Hong Kong.

Lemi the Space Wanderer Hong Kong
Lemi the Space Wanderer in Hong Kong

Download preset The Space Wanderer Hong Kong untuk Camera Raw Editor.

The Space Wanderer 2015 - Forever