Site Overlay
Mipan

Mipan, kuliner langka di Gang Gloria, Glodok

Mipan adalah kuliner khas yang dibawa oleh leluhur etnis Tionghoa ke Indonesia. Mipan yang juga dikenal sebagai mikopan ini walau langka, adalah teman masa kecil banyak orang di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya tawar, teksturnya lembut dan dipadukan dengan saus spesial yang gurih.

Nama Mipan berasal dari bahasa Hakka, artinya Kue Beras.

Beberapa menyebut kudapan ini khas Kalimantan, tapi bisa ditemukan di gang Gloria, Glodok dan kota Bandung. Karena berasal dari Hakka, maka mipan ini biasa ditemukan di daerah tempat orang Tionghoa Hakka banyak menetap, tapi informasi mengenai Mipan ini memang sulit dicari karena tidak sepopuler kudapan peranakan Tionghoa lain seperti Lo Cu Pan misalnya.

Penjualnya biasa menggunakan pikulan dan suka nyempil di antara pedagang-pedagang lain di gang Gloria, Glodok.

Mipan
Mipan

Seperti namanya yang berarti kue beras, Mipan terbuat dari bahan dasar tepung beras dan air khi. Air khi adalah air yang berasal dari abu batang padi. Pembuatan kue mipan sebenarnya cukup mudah yaitu dengan cara dikukus hingga matang, kemudian disajikan dengan saus campuran gula merah, kecap manis, minyak bawang putih dan bawang putih goreng halus.

Selain di keramaian daerah pecinan, kamu juga bisa menemukan Mipan yang dijual secara online. Coba aja kamu cari kudapan khas ini di aplikasi marketplace favorit kamu.

Kalau kamu memutuskan untuk mencari Mipan di gang Gloria Glodok, coba juga cari kue bulan Sin Hap Hoat yang sudah terkenal secara turun temurun.

Sin Hap Hoat Moon Cake
Kue Bulan Sin Hap Hoat

Kue bulan Sin Hap Hoat ini sangat legendaris dan kualitasnya istimewa!

Selamat berburu.

Tahun 2016 saya sempat bikin blog soal jalan-jalan ke kota tua. bisa dibaca-baca lagi.

Scroll Up