Site Overlay
Daun Sirih Merah

Manfaat Daun Sirih Merah

Sirih Merah memang sudah dikenal memiliki berbagai manfaat; mulai dari membantu menyembuhkan batuk, pneumonia sampai dipercaya dapat melawan kanker. Daun sirih merah ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat seperti flavonoid, alkaloid, tanin, senyawa polifenol, dan minyak atsiri.

Saya sendiri sudah beberapa bulan belakangan meminum rebusan daun sirih merah hasil menanam sendiri di pekarangan rumah. Bibitnya saya beli dari toko tanaman online dan kemudian tunggu sampai bisa dipanen, biasanya 4 bulan sudah bisa dipanen menurut beberapa website tanam menanam.

Terkadang saya campurkan dengan Daun Sirih Hijau supaya tidak terlalu pahit. Setelah mencoba sendiri dan melansir dari berbagai website, Sirih Merah itu memiliki khasiat utama sebagai:

Daun Sirih Merah, Manfaat Daun Sirih Merah
Daun Sirih Merah
  • Antiseptik
    Menurut salah satu website kedokteran, kamu bisa mencuci tangan menggunakan air dari rebusan Daun Sirih Merah. Air rebusan Daun Sirih Merah juga bisa digunakan untuk mandi dan mengobati gatal-gatal di kulit akibat gigitan serangga.

    Katanya kalau mau dipakai mandi; rebus 20 lembar daun sirih merah sampai mendidih. Tapi tidak ada website yang menjelaskan seberapa banyak air yang digunakan untuk merebus. Asumsi saya adalah satu panci (2 liter) untuk dicampur dengan satu bak mandi ukuran standar.

Daun Sirih Merah yang penuh manfaat

Selain itu jika dilansir dari berbagai website; jika kita merebus 5-7 lembar daun sirih merah dengan 500 ml air, maka akan mendapatkan khasiat-khasiat sebagai berikut.

• Mengobati tumor.
Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

• Obat alternatif pneumonia
• Obat asam urat
• Mengurangi bau badan < untuk ini, daun sisa rebusan lalu ditumbuk dan diterapkan di ketiak secara teratur.
• Mengatasi bau mulut
• Melancarkan kemih
• Mengobati penyakit jantung koroner.
Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa, 3 butir bawang merah, dan sejumput jinten. Tuangkan air mendidih kemudian diendapkan. Airnya diminum 2 kali sehari.

Daun Sirih Hijau


Daun Sirih Hijau sendiri menurut beberapa website memiliki kandungan dan manfaat yang mirip dengan Daun Sirih Merah, hanya saja hampir semua website menyajikan tulisan yang simpang siur. Saya juga jadi bingung.

Semoga di kemudian hari, ada hasil penelitian resmi yang disebarkan ke publik.

Scroll Up