Site Overlay
Lot 61 Kinkerstraat Amsterdam

Lot 61, One of the Best Coffee Shop of Amsterdam

Tanggal 1 Januari 2020 di Amsterdam terasa begitu segar, setelah malamnya jalanan penuh oleh pesta kembang api dan petasan, pagi hari terasa segar dan penuh dengan optimisme. Saya belum tahu apa yang akan terjadi di dunia ini dalam waktu 2 minggu kemudian. Saat itu saya cuma merasakan kalau tahun 2020 dimulai dengan semangat yang segar dan semangat itulah yang membuat saya masih bertahan di tahun pandemi ini.

boats at damrak amsterdam central
First photo captured by my camera for the year 2020. Damrak, Central Amsterdam.

Hari itu saya memutuskan untuk mencari kopi ke area lain yang belum sempat dijelajahi selama di Amsterdam. Kali itu saya dan kamerad bang Soni berencana menuju Lot 61 naik tram sementara anggota entourage yang lain tampaknya punya rencana lain.

Jam sudah menunjukkan pukul 11.45 tapi suasana masih terasa seperti jam 6.00 (orang Indonesia) kabut masih terlihat dan suasana masih lumayan sepi. Perjalanan terasa damai dan segar menuju pemberhentian trem di depan Amsterdam Centraal Station. Kami akan menuju Kinkerstraat 112 lokasi Lot 61 berada. 

Damrak Central Amsterdam
People walking at Damrak Central Amsterdam

Setelah melewati beberapa pemberhentian, akhirnya kami sampai di pemberhentian yang dimaksud dan berjalan kaki beberapa blok menuju lokasi specialty shop dengan rating tinggi ini. Daerah Oud West Amsterdam ini memiliki gedung-gedung yang relatif baru dibanding Central Amsterdam yang memang merupakan area kota tua.

Setelah tiba, kami memesan kopi dan mencoba cake yang tersedia. Rasa cakenya sama-sama saja dengan cake sejenis di negara manapun tapi kopinya jadi tambah enak karena suasana yang berbeda. Karena area di Kinkerstraat ini bukan area turis, jadi coffee shop tidak dipenuhi turis seperti Naked Espresso di Warmoesstraat atau Il Momento. Banyak pengunjung di coffee shop ini tampaknya merupakan pengunjung regular, karena baristanya seperti sudah mengenal mereka.

Terlihat ada satu dua pasang turis instagrammer yang sibuk mencari angle yang cakep untuk kopinya, termasuk saya.

the best coffee shop of Amsterdam, Lot 61 Coffee Amsterdam,
Lot 61 Coffee Amsterdam, one of the best coffee shop of Amsterdam.

Kalau cuma menilai dari rasa, tentu ga akan jauh dengan berbagai specialty coffee shop di Indonesia. Apalagi di Lot 61 juga menggunakan biji kopi dari Indonesia.

Namun yang membuat Lot 61 menjadi salah satu the best coffee shop di Amsterdam tentu lebih dari sekedar rasa yang muncul di lidah. Mereka sangat menghargai petani-petani kopi yang menyuplai biji-biji kopi mereka, coba ikuti cerita-cerita mereka via Instagram dan kamu akan mengerti mengapa mereka menjadi one of the best coffee shop of Amsterdam.

the best coffee shop of Amsterdam
Barista of Lot 61 Amsterdam

Setiap specialty coffee shop yang baik akan memiliki cerita-cerita menarik dibalik secangkir kopi yang akan menambah wawasan dan memperluas horison, itulah yang membuat setiap specialty coffee shop menjadi menarik dan menyenangkan untuk diburu. Walaupun nama menunya sama-sama aja; piccolo, cappucino, long black atau espresso tapi specialty coffee shop biasanya mengenal biji-biji kopinya satu persatu. Itulah mengapa ga salah kalau Lot 61 ini masuk menjadi one of the best coffee shop of Amsterdam.

Patut dicoba untuk diburu kalau kamu memiliki cukup waktu di Amsterdam.
Berlokasi di
Kinkerstraat 112, 1053 ED Amsterdam, Netherlands
+31202441988 (call)

Bisa juga cek update mereka via IG
https://www.instagram.com/lotsixtyonecoffee/

Selamat berburu kopi di Amsterdam.

Amsterdam tram stop
Amsterdam tram stop

Banyak yang menanyakan preset yang saya gunakan.
Silahkan didownload preset dalam format .xmp untuk Camera Raw. Bisa digunakan di Photohosp dan Bridge. click di sini ( tapi sewaktu-waktu bisa hilang)

Scroll Up