Ternyata Membayar Tagihan Tepat Waktu Bisa Menyelamatkan Nyawa Manusia

Jika anda bekerja sebagai bagian keuangan atau petugas bayar-membayar, atau sebagai AE atau manajer yang berhubungan dengan talent/freelancer/agency kecil.
Perhatian anda kepada ketepatan waktu pembayaran akan berpotensi menyelamatkan nyawa banyak orang.

Mengapa? Berikut ini saya ceritakan mengapa.

Kita perlu mengingat, sama seperti anda, seorang insan kreatif, seniman, freelancer itu tetap harus membayar tagihan listrik, pulsa, internet dan mungkin berbagai cicilan. Biasanya kalau telat bayar tagihan, akan ada denda. Juga kalau telat bayar cicilan motor bisa berisiko disita.

Dengan tidak menunda pembayaran, maka insan kreatif akan memiliki cukup uang dan membayar tagihan tepat waktu sehingga listrik dan internet mereka bisa terus menyala, dan kendaraan mereka tidak jadi disita oleh leasing.

Namun seringkali yang terjadi adalah pembayaran yg seharusnya 40 hari, menjadi 90 hari atau bahkan lebih. Maka seorang freelancer jadi ga bisa bayar tagihan karena duitnya kurang.
Dan disaat uang cair, ia harus bayar dua bulan plus denda.

Yang juga menyedihkan, adalah cerita beberapa teman seringkali tidak bisa menghadiri “meeting” karena tidak punya ongkos untuk pergi dan membiayai ‘ngopi’ cantik saat meeting. Banyak yang tak bisa bekerja karena internet mati. Karena uang mereka baru akan hadir di rekening dua bulan lagi.

Jika dibilang mereka harusnya bisa mengatur keuangan dengan baik. Maka coba introspeksi sedikit, sebuah perusahaan dengan keuangan yang baik itu tidak akan menunda-nunda pembayaran.

Bisa saja, karena perusahaan anda menunda-nunda pembayaran sehingga mereka tidak bisa membayar tagihan obat-obatan atau rumah sakit. Menyedihkan bukan?

Jika anda seseorang yang berhubungan lansung dengan pebisnis-pebisnis kreatif ini. Sekedar mengingatkan bagian akunting untuk cepat bayar, bisa menyelamatkan banyak nyawa kreatif.

Terimakasih untuk para klien yang selalu memperhatikan nasib vendor, dan mau meluangkan waktu mengejar bagian purchasing dan akuntan untuk mengeluarkan PO dan mencairkan honor tepat waktu. Kalianlah yang berjasa membuat industri kreatif ini berkembang.

Leave a Reply