Penjelasan Ilmiah Mengapa Anjing Miringin Kepalanya.

Just Something

Written by:

Anjing adalah sahabat terbaik manusia, mereka bahkan tampak memahami kalau pemiliknya sedang tidak dalam kondisi mood teebaiknya. Biasanya mereka akan menghampiri dan menatap kita sambil memiringkan kepalanya.

Walau memang hal tersebut membuat anjing kita tampak lebih lucu atau imut, tapi alasannya bukan itu. 

Mereka memiringkan kepalanya, salah satu alasannya karena telinga mereka sangat sensitif dan mampu menangkap frekuensi suara yang jauh lebih luas daripada telinga manusia. Mereka mampu menangkap suara dalam frekuensi yang sangat kecil, dan saat anjing kita memiringkan kepalanya hal tersebut mempermudah mereka mencari sumber suara dengan lebih baik.

Bisa jadi mereka sedang mencoba mengetahui sumber masalah dalam diri pemiliknya dengan lebih baik.

Alasan berikutnya adalah posisi moncong mereka yang berada di lingkup penglihatan mata si anjing. Kurang lebih mirip dengan hidung kita yang jika cukup mancung akan terlihat menghalangi sebagian kecil lingkup penglihatan kata kita. Nah karena moncong mereka lebih panjang, maka biasanya akan menghalangi bagian bawah dari objek yang sedang mereka amati. Maka dengan memiringkan kepalanya, anjing kita dapat mengamati kita dengan lebih baik. Hal ini ditulis oleh Dr Stanley Coren di artikel Psychology Today.

Maka kita jadi paham sekarang, dengan memiringkan kepala, anjing kita dapat mempertajam indranya dan membuat mereka lebih memahami kita sebagai orang yang peduli pada mereka,

Manis banget yaaa,

Gambar anjing lucu

Gambar anjing lucu

Disadur dari artikel di Reader’s Digest.

Leave a Reply