Mengapa Anjing Takut Petir?

Just Something

Written by:

Bagi para pemilik anjing yang cukup dekat dengan peliharaannya tentu pernah mengalami saat dimana anjing kita gelisah saat hujan deras datang dan bisa panik saat petir mulai menyambar. Mereka akan mencari perlindungan di tempat terendah yang menurut mereka bisa melindungi diri mereka dari ‘ancaman’.

Hal ini terjadi karena berbagai alasan berikut”

Phobia Suara
Ketakutan tanpa alasan pada suara yang sebenarnya tidak mengancam. Selain panik pada suara petir, anjing kita mungkin juga panik pada suara petasan atau kembang api. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh sifat bawaan anjing untuk bertahan hidup dimana mereka harus mengetahui sumber suara keras berasal.

Tentu saja mereka panik dengan suara yang keras dan misterius, selain juga mungkin mereka merasa sedang terjadi peperangan besar di luar sana.

Listrik Statis
Di saat hujan badai, listrik statis terkumpul dan kemudian menjadi petir yang menyambar. Anjing bisa merasakan listrik statis ini bahkan sebelum badainya sampai ke daerah tempat tinggal kita.

Listrik statis tadi dirasakan oleh anjing lewat bulu-bulu mereka, yang memberi perasaan geli dan tidak nyaman. Karenanya anjing peliharaan kita bertindak sesegara mungkin untuk mencari lokasi yang mereka harapkan bisa melindungi mereka dari serangan listrik statis.

Perubahan Tekanan Udara
Anjing yang panik karena hujan badai bisa merasakan perubahan tekanan udara yang terjadi bersamaan dengan datangnya hujan badai.

Perubahan Ion
Dalam hujan badai, ion di udara terjadi perubahan. Anjing kita dapat mengalami peningkatan kewaspadaan saat sinyal datang ke susunan saraf mereka lebih cepat. Sinyal ini termasuk suara hujan dan petir dan itu membuat anjing kita menjadi cemas.

Genetika
Menurut penelitian di ‘Journal of American Animal Association, setiap ras anjing memiliki kadar kecemasan yang berbeda saat badai. Anjing jenis pekerja dan olahraga, seperti German shepherd dan collies memiliki kadar kecemasan paling tinggi.

Kecemasan pada beberapa jenis anjing bisa diobati dengan obat-obatan sesuai resep dokter hewan.

Perubahan Kebiasaan Kita
Anjing kita itu sangat sensitif dengan kebiasaan tuannya. Jika kita menjadi tergesa-gesa mengambil jemuran atau menutup jendela, anjing kita akan merasa kalau dia perlu menjadi siaga.

• Di sadur dari Singapore’s Readers Digest bulan Juli 2018.

Leave a Reply