Makanan Timur Tengah khas Syria di Amsterdam

featuredfoodWandering Around

Written by:

Makanan Timur Tengah itu biasanya kaya dengan rempah dan memiliki rasa yang khas, terutama karena biasanya resep-resep masakan Timur Tengah menggunakan jenis-jenis rempah yang tidak banyak digunakan di resep masakan khas Nusantara. Seperti penggunaan kapulaga, jinten, cengkeh dan bumbu-bumbu lainnya.

Di Jakarta sendiri ada beberapa restoran khas Timur Tengah juga kadangkala di hotel-hotel berbintang menyajikan menu-menu otentik dari Timur Tengah. Namun demikian rasa-rasanya belum ada yang khas Syria. Kebanyakan menyediakan masakan Turki, Lebanon, Arab Saudi, Yaman atau Maroko.

Maka itu saya penasaran dengan restoran khas Syria bernama Sham di pusat kota Amsterdam ini. Beruntung bos saya yang berwenang menentukan pilihan makan siang, rupanya juga penasaran dengan restoran khas Syria ini.

Maka kami masuk dan disambut oleh salah satu dari pemilik restoran ini. Mengetahui kita berasal dari Indonesia dan tampak bingung dalam memilih makanan, maka ia menawarkan set menu dimana kita mendapat rupa-rupa makanan yang telah disusun sebagai ‘perkenalan’ pada kuliner khas Syria.

Restoran ini dikelola oleh pasangan suami istri, sang suami berasal dari Syria sementara sang istri berasal dari Moldova. Restoran ini dibuka pada bulan Februari 2017, dan mereka mempekerjakan imigran dari Syria di Sham ini.

Setelah set menu disajikan, saya terkesan dengan sate-sate daging yang dipanggang menggunakan besi-besi baja. Kalau di Jogjakarta ada versi yang pake jari-jari sepeda namanya sate klatak, tapi yang ini lebih empuk dan bumbunya lebih lengkap.

Menu lainnya saya sudah lupa penjelasannya apa saja, tapi saya menemukan menu-menu di sini hampir semua ada padanannya di Indonesia. Seperti kue berbentuk kroket dan pastel yang memang pas dinikmati dengan teh. Kecuali humus, saya ga pernah lihat ada menu Indonesia yang mirip humus.

Secara garis besar, saya kalap makan disini sampai lupa detail-detailnya (selain memang ada perbedaan lima bulan sejak makan sampai ditulis). Menurut saya, jika kebetulan berada di Amsterdam dan memiliki budget rada longgar, Sham ini perlu dicoba.

Budget perorang minimal 20 Euro.

Sham Syrian Food Amsterdam

Sate khas Syria

Syrian Food Amsterdam

Salad

Sham

Leave a Reply