Satu hal yang saya pelajari selama usia produktif saya ini; Kalau masih kerja kantoran di perusahaan orang, ga perlu kelewat setia sampai mengorbankan hidup pribadi. Jika memang sudah stagnan dan bikin susah berkembang, ya sebaiknya memikirkan tempat baru untuk berkarir.

1.Coba tanyakan hal ini kedirimu sendiri: Jika saya berada disini selama beberapa bulan lagi atau setahun lagi, apakah kondisi akan membaik? Jika tidak, sudah saatnya mencari pekerjaan baru.

2. Jika kamu jadi males bangun pagi dan merasa setiap detik yang kamu habiskan di jalan adalah sia-sia. Itu artinya sudah saatnya kamu mencari karir baru yang membuatmu semangat bangun dipagi hari, dan menghabiskan setiap detik di jalan untuk memikirkan rencana baru untuk terus berkembang.

3. Gaji kamu ga naik, atau saat kamu mengetahui orang dengan level yang sama dibayar lebih tinggi dari dirimu atau gaji kamu sama dengan orang di level yang lebih rendah. Jika kamu sudah minta naik gaji dan tidak dikabulkan, mungkin ini saat yang tepat untuk mulai mengincar posisi yang lebih baik di tempat lain.

4. Atasan kamu bukan seseorang yang bisa dihormati atau seseorang yang bisa berbagi ilmu baru. Jangan biarkan dirimu tidak berkembang terlalu lama, segeralah mencari tempat baru.

5. Saat kamu dibully atau dipermalukan didepan umum oleh atasan kamu karena memberikan ide. Seberapapun bodohnya ide kamu, tidaklah baik untuk dipermalukan. Saya rasa, itu adalah pertanda paling jelas untuk kamu mulai mencari pekerjaan baru.

6. Jika atasan mu selalu terlalu sibuk untuk berbicara mengenai pekerjaanmu. Seringkali membatalkan meeting denganmu dan terlambat untuk meeting denganmu. Jika itu yang terjadi, bisa jadi ia tidak peduli, dan itu saatnya kamu mencari tempat baru yang lebih menghargai pekerjaanmu.

Jangan sia-siakan hidupmu untuk pekerjaan yang gitu-gitu saja. Mungkin dipekerjaan saat ini kamu dianggap tidak berprestasi namun jika tanda-tanda diatas terjadi, bisa jadi masalahnya bukan didiri kamu.

Coba cari tempat baru untuk berkembang.

Namun demikian, jangan pindah hanya karena gaji yang sedikit lebih besar.
Kamu layak untuk pekerjaan dimana kamu bisa dihargai, bisa berkembang dan bekerja pakai hati — pekerjaan yang teman kantornya baik, dan menghargai satu sama lain. Dan itu lebih bisa membuat hidupmu jauh lebih baik dibandingkan sekedar gaji.

Kemudian ingat kalau dunia luar sudah menanti untuk dijelajahi.

%d bloggers like this: