Kedai Kopi di Kelapa Gading itu jumlahnya banyak sekali, dari kedai kopi yang menjual kopi menggunakan biji robusta dengan tehnik brewing tradisional sampai kedai Kopi Spesial (Specialty Coffee Shop) dengan ruangan yang nyaman dan biji kopi Arabika pilihan.

Tiga taun belakangan ini di Kelapa Gading memang bertumbuhan Specialty Coffee Shop, mungkin saat ini sudah hampir berjumlah 30 kedai. Masing-masing kedai memiliki ciri khas masing-masing dan karakter yang bervariasi, dan bisa dibilang sebagian besar punya kopi yang enak.

Namun demikian, setelah berkeliling ngopi-ngopi santai,  berikut adalah lima yang menjadi favorit saya;

1. The Caffeine Dispensary
Kelapa Kopyor Raya Blok M1/16
(021) 4520109

The Caffeine Dispensary adalah secangkir kopi favorit saya sejak akhir 2015 sampai sekarang. Di kedai ini hanya ada kopi, beberapa macam kue, dan meja lengkap dengan colokan yang menemani saya bekerja sejak akhir tahun 2015.

Biji kopi yang digunakan disini di panggang sendiri oleh pemilik cafe yang juga distributor mesin panggang biji kopi bermerk Joper Roaster. Keberadaan mesin roasting di sudut ruangan juga menjadi ciri khas sendiri, dimana kadang kita bisa menyaksikan Rio melakukan tugasnya untuk ‘memasak’ biji kopi yang enak.

The Caffeine Dispensary

The Caffeine Dispensary

The Caffeine Dispensary

Andri dan Bona

2. Homebound Coffee
Kelapa Kopyor Raya Blok CC 1 No. 1
0811-1551-009

Homebound Coffee membuka pintunya yang berwarna kuning cerah itu di awal tahun 2016, dan sejak itu telah menjadi tempat ‘pulang’ untuk ngopi. Di Homebound yang mungil ini, seringkali memaksa pelanggan untuk berkomunikasi dengan pengunjung lainnya. Saya rasa tidak sedikit jumlah kenalan dan teman baru yang saya temukan diruangan mini ini.

Beberapa diantaranya telah menjadi teman baik, termasuk tentu saja duo Marcell dan Syarif.

oh iya, mereka juga menyediakan mpek-mpek.

Homebound Coffee Kelapa Gading

Jokaw & Syarif of Homebound Coffee

Homebound Coffee Kelapa Gading

Homebound Coffee Kelapa Gading

3. One Fine Day
Ruko Gading Batavia Blok LC8 No.11
0819-0506-6456

Sekitar awal tahun 2016, saya diajak ngopi-ngopi di sebuah cafe yang rada nyumpet. Tidak menunggu lama, sampai kemudian menjadi pelanggan tetap dan bersahabat dengan pemilik dan karyawan di One Fine Day.

Seiring berjalannya waktu, cafe ini semakin dikenal karena menu-menu bertema olahan daging babi. Sehingga, selain ngopi-ngopi dan numpang wi-fi buat kerja, saya juga sering makan di sini.

Kadang-kadang juga nonton film di TV dengan film-film pilihan si Bonar. Di cafe ini juga, saya menemukan sahabat-sahabat baru yang beraneka ragam.

One Fine Day Kelapa Gading

Bonar Marlens

One Fine Day Kelapa Gading

One Fine Day Kelapa Gading

One Fine Day Kelapa Gading

Veni & Oki One Fine Day

4. Bean Here Coffee
Jl. Bulevar Utara Kelapa Gading Blok PA1 No.26
(021) 4503444

Cofee Shop ini juga buka di awal tahun 2016, oleh Seviella Soesilo seorang barista yang mudah tertawa dan murah senyum. Ia tidak segan untuk menyapa dan menemani mengobrol pengunjung-pengunjung yang datang, hal itu membuat kunjungan ke Bean Here Coffee menjadi lebih mirip “main ke rumah teman”.

Saat ini, Bean Here Coffee juga menyediakan Tim Lo dan Nasi Langgi kreasi mamanya Seviella. nyum.

 

Bean Here Coffee Kelapa Gading

Seviella of Bean Here Coffee

Bean Here Coffee Kelapa Gading

Bean Here Coffee Kelapa Gading

5. Amyrea Art & Kitchen
Jl. Klp. Kopyor Raya Blok CE2 No.3
0812-8215-0550

Mulai beroperasi di pertengahan tahun 2016, Amyrea Art & Kitchen ini menawarkan ruang kolaborasi antara kopi, makanan dan seni. Dikelola oleh pasangan Andy dan Ryna yang dua-duanya memiliki minat serta bakat di bidang seni dan makanan.

Andy senang memasak dan bikin kopi, sedangkan Ryna senang menggambar dan bikin cookies. Kolaborasi keduanya menjadi Amyrea Art & Kitchen ini. Selain menyediakan makanan dan kopi yang enak, mereka juga sering mengadakan berbagai workshop yang berhubungan dengan art & craft.

Dengan demikian, kita bisa melakukan beragam aktifitas selain ngopi. Bisa makan pizza, minum teh sampai membeli t-shirt The Space Wanderer yang keren itu. Tidak heran jika Amyrea Art & Kitchen ini masuk ke daftar favorit saya.

Amyrea Art & Kitchen

Ryna & Andy

Amyrea Art & Kitchen

Andy Salem

Amyrea art & kitchen

Amyrea art & kitchen

%d bloggers like this: